SILABUS
Madrasah : MTs SA Al-Idrus Repaking
Mata Pelajaran :
Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : IX /
II
Standar Kompetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI PBKB
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TEKNIK EVALUASI
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3.1
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
|
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
|
Iman kepada Qadla’ dan Qadar.
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian beriman kepada
beriman kepada Qadla’ dan Qadar.dengan benar.
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada
Qadla’ dan Qadar.
Menjelaskan perbedaan antara qadha
dan qadar Allah.
Menjelaskan hubungan antara qadha
dan qadar Allah.
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan
qadar Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
|
Tes lisan dan tertulis
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Al-Qur’an dan terjemahnya
Koran,majalah,
Modul Aqidah PGA File,LKS
Hasil kerja siswa
|
3.2
|
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’
dan Qadar
|
§ Komunikatif
§ Logis
§ Bertanggung Jawab
§ Gemar membaca
|
Bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan
bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
|
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya
Qadla’ dan Qadar melalui berbagai literatur
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya
Qadla’ dan Qadar melalui dalil naqli.
|
Tes lisan dan tertulis
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Al-Qur’an dan terjemahnya
Koran,majalah,
Modul Aqidah PGA File,LKS
Hasil kerja siswa
|
3.3
|
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang
berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar
|
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung
Jawab
|
Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan
Qadar
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk
menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan
Qadar
|
Menyebutkan tanda-tanda yang berhubungan dengan Qadla’
dan Qadar.
Menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’
dan Qadar.
|
Tes tulis
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Al-Qur’an dan terjemahnya
Koran,majalah,
Modul Aqidah PGA File,LKS
Hasil kerja siswa
|
3.4
|
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman
kepada qadha dan qadar Allah
|
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung
Jawab
|
Ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan
qadar Allah
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk
menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar
Allah
|
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman
kepada qadha Allah
|
Tes lisan dan tertulis
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Al-Qur’an dan terjemahnya
Koran,majalah,
Modul Aqidah PGA File,LKS
Hasil kerja siswa
|
3.5
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap qadha dan qadar Allah
|
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung
Jawab
|
Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap qadha dan
qadar Allah
|
Menunjukkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap
terhadap qadha dan qadar Allah
|
Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadha Allah
Menampilkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadar Allah
|
Tagihan tertulis, lisan, dan perilaku
|
|
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Al-Qur’an dan terjemahnya
Koran,majalah,
Modul Aqidah PGA File,LKS
Hasil kerja siswa
|
Standar Kompetensi : 4. Menerapkan akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI PBKB
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TEKNIK EVALUASI
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
|
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung
Jawab
|
Akhlak terpuji/karimah dalam pergaulan
remaja
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
Menjelaskan pengertian akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
Menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
|
Tes lisan dan tertulis
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Al-Qur’an dan terjemahnya
Koran,majalah,
Modul Aqidah PGA File,LKS
Hasil kerja siswa
|
4.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
|
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung
Jawab
|
Bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
|
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja
|
Tes lisan dan tertulis
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Al-Qur’an dan terjemahnya
Koran,majalah,
FILM,
Modul Aqidah PGA File,LKS
Hasil kerja siswa
|
4.3
|
Menunjukkan nilai-nilai negatif
akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam
fenomena kehidupan
|
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung
Jawab
|
Nilai-nilai negatif akibat
perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam
fenomena kehidupan
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif
akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam
fenomena kehidupan
|
Tes lisan dan tertulis
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Al-Qur’an dan terjemahnya
Koran,majalah,
FILM,
Modul Aqidah PGA File,LKS
Hasil kerja siswa
|
4.4
|
Menampilkan perilaku akhlak terpuji/karimah dalam pergaulan
remaja
|
§ Mandiri
§ Kreatif
§ Religius
§ Kerja keras
§ Rasa ingin tahu
§ Komunikatif
§ Tanggung
Jawab
|
Bentuk/contoh akhlak terpuji / karimah dalam pergaulan
remaja
|
Mempraktikkan perilaku terpuji
/ karimah
|
Menunjukkan contoh sikap akhlak terpuji/karimah dalam pergaulan remaja
Menerapkan akhlak terpuji/karimah dalam
pergaulan remaja
|
Tagihan tertulis, lisan, dan perilaku
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Aqidah Akhlaq kls IX,
Al-Qur’an dan terjemahnya
Koran,majalah,
Modul Aqidah PGA File,LKS
Hasil kerja siswa
|
Boyolali, Juli 2012
Mengetahui:
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran:
KUSRONI. S.Ag SITI
KHOMSATUN. S.PdI
NIY. 14051984025 NIY.
14051984032
..
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar